Kondisi Mata Air Sungai Telaga Waja sangat Bersih  
Telaga Waja White Water Rafting


Sumber Mata Air Sungai Telaga Waja

Sungai Telaga Waja merupakan sungai terbesar kedua setelah sungai Ayung dan merupakan sungai terpanjang yang berada di kabupaten Karangasem Bali. Sumber mata air aliran sungai berada di dua buah titik yaitu sebelah barat Pura Besakih dan sebelah timur Pura Besakih yang langsung dari bekas aliran larva gunung berapi tertinggi di Bali yaitu Gunung Agung. Namun aliran air baru muncul setelah adanya beberapa mata air yang muncul dibawah desa adat Teganan yand disebut mata air arca, lalu keselatan yang disebut mata air lipang yang sekarang sudah diangkat untuk keperluan air minum khusus kabupaten Karangasem yang mana air ini sudah mengalir ke rumah-rumah penduduk sebagai air minum masyarakat dan sebagian masih mengalir ke aliran Sungai Telaga Waja Mata Air Lipang diangkat dengan mesin tehnologi pengankatan di bawa ke sebuah reservoir terbesar di Banjar Batusesa, lalu air ini di distribusikan rerumah rumah penduduk melalui pipa air yang pengerjaannya dilakukan oleh PDAM karangasem dan pusat, sedangkan keselatan lagi ada Mata Air Besar Telaga Waja yang juga sudah di angkat untuk keperluan air minum kabupaten Klungkung, sepanjang aliran ini banyak sekali ada sumber air kecil dan sampai titik temu dengan sungai yeh sah, ada dua mata air besar lagi yang ikut mengalir ke sungai telaga waja yaitu Mata Air Buka yang tepatnya berada di dusun Pejeng dan Mata Air Kelebut yang berada di Wilayah dusun Susut Karangasem, ke lima mata air besar ini Mata Air Arca, Mata Air Lipang, Mata Air Telaga Waja, Mata Air Buka dan Mata Air Kelebut semuanya mengalir ke Sungai Telaga Waja. Mata air Buka dan Mata Air Kelebut akan mengalir ke sungai Yeh Esah.

Titik temu dua buah sungai yang berair jernih ini (Sungai Yeh Esah dan Sungai Telaga Waja) tepat di bawah Bukit Cilli. Sungai Telaga Waja sangat disucikan dan begitu pula sungai Yeh Esah yeng merupakan dua sungai yang biasa airnya diambil untuk keperluan upacara agama yang ada di dua kecamatan yaitu Rendang dan Selat. Salah satu mata air yang sangat di sakralkan adalah mata air Kelebut yang berada tepat disebelah selatan tempat melasti Ida Yang Widhi dari Pura Besakih dan seluruh pura yang ada di dua kecamatan di atas. Sebagian air Sungai Telaga Waja telah memberikan berkah dan kesuburan bagi para petani yang berada di sepanjang aliran sungai karena air dimanfaatkan untuk air irigasi dan walaupun dipakai sebagai air persawahan namun kemurnian dan kejernihannya sangat dijaga oleh penduduk setempat, air Sungai Telaga Waja sangat jauh dari polusi dan bahan bahan pertanian yang berbahaya bagi kesehatan, ini bisa terlihat jelas dari air yang masih jernih dan bersih, bahkan kita masih bisa melihat bebatuan dari dasar sungai dan ikan yang bergerak di air. Ini sangat jauh dari kekeruhan dan bahan polutan lainnya yang bisa merusak lingkungan yang juga menimbulkan penyakit kulit seperti gatal gatal dan sebagainya.

Sungai Telaga Waja merupakan sungai yang menyandang predikat terbaik untuk program rafting di Indonesia dan Bali khususnya, dan banyak usaha rafting bisa ditemukan di sini, baik dari alam yang masih asri dan juga air yang masih bersih sesuai dengan namanya WHITE WATER RAFTING. Hampir seluruh wisatawan yang datang dan ikut program arung jeram memberikan nilai terbaik program adventure disini. Program petualangan arung jeram di Sungai Telaga Waja mampu memberikan nilai tambah bagi wisatawan yang belum pernah berwisata air khusunya menghargai air sebagai sumber kehidupan dan juga mengharga lingkungan agar senantiasa terjaga dengan baik walupun dipergunakan untuk kebutuhan lain demi kesejahtraan umat manusia. Di Sungai Telaga Waja inilah beberapa perusahan yang mengoperasikan sport ringan ini bergerak dan anda bisa menemukan jasa rafting murah di antara mereka.
Salah Satu Operator Rafting yang mampu menangani group besar hanya Bukit Cilli Rafting yang mana jarak tempuh rafting hampir 18KM dengan pinish point setelah terjunan air terakhir di desa Pakel. Di desa ini restaurant kami menunggu semua tamu kami untuk shower dan makan siang dengan pemandangan ke lembah dan kebun cengkeh, satu-satunya rafting yang memiliki restaurant langsung tempat parkir di Sungai Telaga Waja.

Klik logo booking untuk harga khusus booking atau minta informasi

telaga waja rafting

Click to view English Version


telaga waja rafting
telaga waja rafting
telaga waja rafting
telaga waja rafting
telaga waja rafting